Langsung ke konten utama

SMARTFREN ANDROMAX T

Dengan ketebalan hanya 7,8 mm, Smartfren Andromax T dibenamkan prosesor Quad Core 1,2 Ghz dengan RAM 1GB. Berlayar 4.3 inchi dengan teknologi IPS, hape ini juga dilengkapi kamera 8 Megapiksel dan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean. Kegiatan bundling Smartfren dengan seri produk bernama "Andromax" ternyata mampu memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan pelanggannya. Operator yang pada akhir tahun lalu memiliki 12,5 juta pelanggan ini sangat optimis akan menambah jumlah pelanggan hingga menjadi 14 juta.

Melanjutkan kesuksesan seri Andromax tersebut, Smartfren kembali merilis smartphone Android terbarunya yang diberi nama Smartfren Andromax T. Huruf T yang melekat pada Smartfren Andromax T bermakna "Thin" (tipis) dan juga "Teen" (muda) yang menunjukkan bahwa smartphone berdesain cantik nan tipis ini memang diperuntukkan bagi konsumen berjiwa muda yang enerjik dan dinamis.

Untuk menghadirkan Andromax T, Smartfren menggandeng vendor hape innos yang juga pernah dipercaya untuk memproduksi smartfren Andromax U. Yang jadi daya tarik dari hape ini selain karena harganya yang terbilang terjangkau, hape pintar ini pun hadir dengan sejumlah spesifikasi handal di dalamnya.

DESAIN
Desain smartphone Andromax T ini terlihat agak berbeda dengan generasi pendahulunya, Andromax U atau Andromax U2. Meskipun ukurannya lebih kecil, namum kesan pertama yang diberikannya cukup baik, terlihat elegan dengan balutan materi plastik berwarna hitam pada bodinya. Bodinya yang tipis, dengan ketebalan hanya 7,8 mm membuat hape pintar ini terasa pas dalam genggaman tangan dan nyaman dibawa sebagai pelengkap aktifitas bagi penggunanya. Secara keseluruhan smartphone yang berbobot 110 gram ini memiliki dimensi 126 x 63 x 7,8 mm.

Smartfren Andromax T memiliki bentang layar berukuran 4,3 inci dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel, atau memiliki kualitas high-definition dengan kedalaman warna pada layarnya itu juga mencapai 240 piksel per inci. Ditambah dukungan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) yang dipadukan dengan OGS (One Glass Solution) LCD, dipastikan smartphone ini akan mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang tajam. Sensitivitas sentuhan layar perangkat ini juga cukup baik untuk kelasnya.

Tak lengkap apabila kita tidak telusuri lekuk body Andromax T ini, innos membentuk Andromax T dengan tiga tombol sentuh dibawah layarnya masing-masing berperan untuk fungsi back, home, dan recent menu, namun tanpa gambar hanya berupa gambar bulatan saja. Dibangun dengan konstruksi bermaterial plastik, Andromax T dibalut warna hitam pekat dengan bagian belakang terbuat dari bahan dof sehingga membuatnya tidak licin ditangan. Tepat di atas layar terdapat lubang earpiece dan lensa kamera sekunder. Di bagian atas (top view) tersemat audio jack 3,5 mm dan port microUSB. Tombol pengatur volume letaknya ada disisi kiri, dan pada sisi kanan body terdapat tombol on/off yang juga berperan sebagai pengunci layar.

Beralih ke bagian belakang (back cover), tampak lensa kamera utama berikut flash light dan single speker disisi bawah. Melepaskan casing belakang agak sulit karena menganut sistem snap-on (casing belakang yang menutup seluruh bagian sisi hape) seperti konsep pada Nokia Lumia 520 dan 620, lebih mudah membukanya jika memanfaatkan celah port lubang MicroUSB dibagian atas. Meskipun casing belakang bisa dibuka, namun baterai I dipasangkan permanen dan tidak dapat dilepas. Membuka casing belakang dilakukan hanya untuk memasangkan Micro Sim Card CDMA dan GSM dan Micro SD, bisa dibilang metode pemasangan kartu menganut sistem hot swap karena bisa dilakukan tanpa harus melepas baterai dan hape masih tetap menyala.

FITUR
Di balik desain trendinya, Andromax T dibekali dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean murni tanpa ada fitur themes tambahan yang membuatnya tampil seperti smartphone Android yang banyak beredar di pasaran. Andromax T ini dilengkapi dual kamera dengan kekuatan kamera utama 8 MP yang mampu memotret gambar dengan roslusi maksimal 3200x2400 piksel. Dan kamera sekunder 2 MP (1600x1200 piksel).

Agar hasil foto lebih maksimal disediakan beragam fitur kamera pendukung seperti LED Flash, Auto focus, digital zoom, white balance, color effect, scene mode, panorama, face detection, HDR Bracketing, foto editor. Hasil foto cukup bagus dikelasnya, tajam dan memiliki saturasi warna yang baik. Kamera juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimumnya adalah 1280x720 (HD). Namun fungsi kamera sangat tergantung dengan hadirnya Memori Card, tanpa MicroSD yang terpasang maka fitur kamera tidak akan berfungsi.

Sebagai penyimpan datanya, Smartfren Andromax T menyediakan memori internal dengan kapasitas 4 GB yang dapat diperluas dengan kartu micro SD sampai 32 GB. Karena memori internal hanya dapat digunakan untuk aplikasi dan file sistem, maka hadrinya memori card sangat dibutuhkan ketika menggunakan smartphone ini. Memori Card berfungsi sebagai penyimpanan semua file diluar file system seperti foto, gambar, film, musik dan file lainnya.

Dukungan musik menjadi andalan Andromax T, dengan tampilan dan aplikasi pemutar standar Android Jelly Bean, Fitur musik dilengkapi equalizer, shuffle, dan playlist. Equalizer dapat berfungsi tanpa harus memasangkan headset, namun fitur Bass Boost dan 3D effect hanya dapat dinikmati setelah memasangkan headset. Semburan musik melalui speaker Andromax T cukup baik meskipun tidak terlalu keras. Kita juga bisa menambah koleksi musik dengan memanfaatkan fitur Gudang Musik yang disediakan khusus oleh Smartfren. Sebagai alternatif hiburan audio tersedia fitur FM radio.

Andromax T mengandalkan fitur dual on GSM+CDMA yang dapat aktif secara bersamaan. Sebagai produk hasil bundling, kemampuan koneksi pada SIM card GSM memang sedikit dibatasi, hanya dapat dikebut hingga level 2G (GPRS/EDGE). Sementara untuk koneksi CDMA-nya dibuat sangat berjaya dengan kelengkapan teknologi berstara 3.5G, yakni CDMA EVDO.
Harga HP ini Rp. 1.799.000

Komentar