Langsung ke konten utama

Panduan Bijak Memilih Aplikasi Chatting

Dalam jagad aplikasi, genre instant messaging alias chatt app terbilang laris manis digadang. Dalam waktu singkat, bermunculan beragam aplikasi chat lintas platform yang menawarkan kelebihan fitur dan menu khusus. Bahkan, baru-baru ini banyak orang yang jadi latah ikut-ikutan demam BBM (BlackBerry Messenger) saat aplikasi tersebut ditawarkan untuk OS Android dan iOS. Meski kemudian BBM di hold untuk rilis resmi di Android dan iOS, masyarakat terlanjur gamang pada pilihan aplikasi chat lintas platform,
sebut saja dipasaran cukup esksis ada Kakao Talk, WeChat, Line Messenger, ChatON, dan WhatsApp sebagai yang nomer satu.

Meski fitur dasarnya sama, tapi untuk memikat member, masing-masing pengembang aplikasi menyuguhkan keunikan, semisal sentuhan game, garap komunitas, sampai tren stiker virtual. Mengingat tawaran yang begitu menggiurkan, apalagi semuanya bisa diunduh serba gratis, menjadikan ragam kawan atau kerabat menggunakan salah satu atau beberapa aplikasi tersebut. Itu tentu wajar-wajar saja. Lalu, bagimana Anda menyikapi fenomena diatas? Perlukah Anda menggunakan beberapa aplikasi chat sekaligus dalam satu hape? Kali ini, kami berikan tips dasar untuk menggunakan dan memilih aplikasi chat secara bijak.

1. Pilih Messenger yang banyak penggunanya
Mau sebagus apa pun fitur aplikasi suatu messenger, tapi jika sepi pengguna tentu tidak akan berguna juga.

2. Pilih yang Support Multi OS dan Platform
Semakin banyak kemampuan lintas platform OS yang disediakan, tentu ini menjadi dasar yang menarik untuk Anda pilih. Artinya Anda akan lebih punya banyak peluang untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang.

3. Pilih Yang Stabil
Yang ini baru bisa diketahui setelah Anda mencobanya, atau bisa juga diketahui berdasarkan pengalaman orang lain yang sudah menggunakan. Perlu diketahui, penyedia layanan chat punya kapasitas'dan kapabiltas yang berbeda-beda. Ambil contoh, seperti dukungan server di back end belum tentu sama. Tidak ada jaminan, aplikasi yang punya tampilan dan ikon bagus juga punya kinerja yang apik.

4. Fitur Yang Memudahkan
Teks adalah kebutuhan dasar, agar sesuatu lebih dinamis, Anda juga butuh sesuatu yang lain dalam berkomunikasi. Wujudnya seperti kemampuan mengirim foto, animasi, video, ikon, dan lain-lain. Pastikan menu yang ada sesuai dengan selera.

5. Bedakan Aplikasi untuk Komunikasi dan Game
Tidak ada salahnya memainkan game dalam aplikasi chat, tapi Anda harus waspada. Itu semua membuat kinerja hape jadi berat. Jangan sampai aplikasi hang pada saat Anda benar-benar harus berkomunikasi dengan seseorang.

6. Sadari Spesifikasi Hape Anda
Selain kualitas koneksi internet, dasar dari kelancaran aplikasi terkait pada kemampuan prosesor, RAM, dan memori internal. Jika misalkan Anda punya super phone sekelas Samsung Galaxy S4, tidak akan ada masalah untuk menginstali beragam aplikasi chat, diajak multitask pun oke saja.

Komentar