Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Sabtu, 23 November 2013

Kendalikan PC/ Laptop dari SmartPhone

HandPhone Aplikasi Gadget - Kemampuan mengendalikan PC/Laptop dari jarak jauh menggunakan perantara smartphone, sejatinya sudah bukan isu baru. Namun, kebanyakan hanya sebatas mengendalikan media player atau menjadikan smartphone layaknya mouse PC. Saat ini, mulai banyak aplikasi pengendali PC dari ponsel yang didukung kemampuan lebih tangguh. Tak hanya untuk mejalankan media player, tapi bisa juga mengakses file data, membuka browser internet, mematikan PC/Laptop serta membuat dan mengedit file dokumen langsung dari smartphone secara "remote".

Untuk Windows Phone, ada satu aplikasi menarik untuk mengendalikan PC/Laptop dengan kemampuan yang cukup komplit, yakni PC Remote. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, berbayar dan gratisan. Untuk yang gratisan, fasilitas yang ditawarkan memang tak selengkap versi berbayar. Namun, cukup menarik untuk dicoba. Kira-kira, kemampuan apa saja yang ditawarkan versi gratis dari PC Remote ini? Berikut tips dan trik penggunaannya.
Sebelum mulai mengoperasikan, ada beberapa ritual yang harus dipersiapkan:

1. Windows Phone Anda. Di sini, kita akan uji coba menggunakan Nokia Lumia 920.

2. Download dan instali aplikasi PC Remote dari Windows Store ke ponsel.

3. Download dan install PC Remote Server untuk PC/ Laptop dari www.pcremoteserver.com. Software ini membutuhkan dukungan Microsoft .NET Framework 4.0 di PC/ Laptop yang bisa didapatkan dari http://www.microsoft.com/ en-us/download/details. aspx?id=17851.

INSTALASI
1. Setelah Anda berhasil menginstal PC note dan PC Remote Server, jalankan PC Remote Srer di PC/ Laptop. Di tampilan PC Remote Server, akan ncul data- data penting yang nantinya bisa dimanfaatkaada saat sinkronisasi dengan PC Remote di ponsel.

2. Pastikan koneksi yang digunakan kedua perangkat (ponsel dan PC) sama, yakni satu jaringan WIFi.

3. Selanjutnya, jalankan aplikasi PC Remote yang ada di ponsel.

4. Untuk mengkoneksikannya dengan PC Remote Server, Anda harus memasukan IP Address yang sama dengan IP yang tertampil di PC/Laptop. Selanjutnya pilih "Add", dan secara otomatis ponsel dan PC/Laptop akan terkoneksi.

PENGOPERASIAN
1. Di tampilan PC Remote ponsel, Anda akan menjumpai beragam ikon menu yang bisa digunakan untuk mengendalikan PC.

2. Untuk mengakses desktop PC, pilih menu "Desktop" dan secara otomatis tampilan PC Remote di ponsel akan sama seperti di PC/Laptop.

3. Membuka folder, file serta beragam fasilitas yang ada di PC/Laptop bisa dilakukan langsung. Tinggal arahkan kursor berwarna biru ke menu yang Anda inginkan.

4. Anda juga bisa membuat dan mengedit file dokumen dengan mudah. Contohnya, setelah Anda membuka file dokumen, pilih menu tray yang ada di bagian atas untuk memunculkan keyboard.

5. Setelah keyboard WSimuncul, Anda bisa mengetik layaknya di PC.

6. Bagi yang biasa menikmti media player, bisa langsung mengoperasikannya. Bahkan, Anda juga dapat me- remote YouTube player dari ponsel. Di PC/Laptop, player YouTube ini akan tertampil lewat browser IE.

7. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengatur volume suara PC/Laptop serta mengakses "Power Control" untuk me-restart atau men-shutdown PC/Laptop dari ponsel.


www.sebats.com