Berita terkini dan terbaru dengan topik menarik seperti gadget ekonomi politik olahraga serta tips trik lainnya


Kamis, 14 November 2013

Gadget dan Aplikasi untuk Reporter Handal

Selain menguasai teknik membuat berita, reporter warga juga perlu membekali diri dengan perangkat yang tepat, serta aplikasi pendukung yang pas pula. Bayangkan Anda seorang reporter lapangan, yang bertugas melaporkan setiap peristiwa penting yang terjadi. Perlengkapan apa yang Anda butuhkan? Pertama, tentu saja, kamera untuk mengabadikan peristiwa itu. Malah kalau Anda seorang reporter televisi, berarti perlu membekali diri dengan perekam video. Lantas, Anda perlu pula perekam suara, buku tulis kecil untuk mencatat data-data penting.

Untungnya, sekarang ini segala perlengkapan itu sudah dikonvergen menjadi satu benda yang bernama smartphone. Segala fungsi tadi, bisa dilakukan dengan perangkat ini: memotret, merekam video, merekam suara dan membuat catatan -dengan fungsi mobile office yang ada. Bahkan, sekaligus mengirimkannya ke jejaring sosial, atau ke kantor berita (koran dan televisi), berkat kemampuan koneksi internet pita lebar.

Saat ini, sudah banyak smartphone di pasaran, yang memiliki spesifikasi dan kualitas memadai sebagai pendukung kegiatan reportase warga (citizen journalism), dengan cakupan harga yang juga beragam. Salah satunya, yang cukup bisa diandalkan adalah, Smartfren Andromax T, sebuah hape cerdas yang memiliki spesifikasi tinggi, namun dengan harga tak terlalu mahal. Selain itu, ada baiknya juga membekali hape dengan sejumlah aplikasi pendukung, agar hasil foto atau video, lebih atraktif. Serta laporan dan data yang diperoleh, tersimpan dan terkelola dengan baik. Beberapa aplikasi tersebut adalah:

1. Aplikasi penyimpan dan pengakses beragam tipe dokumen:
Banyak sekali aplikasi untuk fungsi seperti ini salah satunya yaitu "EverNote" yang memungkinkan kita untuk mengupload notes, PDF, file audio dan gambar ke cloud storage (komputasi awan).

2. Aplikasi foto dan video editor
Meskipun menggunakan hape, kualitas foto dan video harus berkualitas dan standar penerbitan yang layak. Aplikasi video editor yang banyak digunakan yaitu Movie Studio. Sedangkan untuk foto bisa menggunakan Adobe Photoshop Mobile. Kedua aplikasi itu bisa diperoleh di Google Playstore secara gratisan.

3. Aplikasi Pengatur Jejaring Sosial
Sangat penting untuk selalu terkoneksi dengan beragam akun jejaring sosial, Akan lebih efektif jika menggunakan satu aplikasi yang mampu mengupload informasi sekaligus ke beragam jejaring sosial yang dimiliki. Seperti "TweetDeck" yang bisa digunakan untuk mengupdate status Facebook dan Twitter secara bersamaan dalam sekali update.

4. Aplikasi pengatur BLOG atau website
Dengan memiliki blog atau website pribadi. Anda dapat menuangkan kreativitas secara bebas dan menentukan tema berita sesuai selera. Ada beberapa platform blog gratisan yang punya reputasi dan layak Anda coba, seperti lewat Blogger.com dari Google dan Wordpress.com.

5. Aplikasi Streaming video
Untuk video live streaming bisa memanfaatkan aplikasi seperti "U-Stream" ketika melakukan reportase langsung dari lokasi atau memanfaatkan layanan video sharing Youtube untuk mengupload hasil video reportase yang kita lakukan agar dapat ditautkan kejejaring sosial atau blog dan situs kita.


www.sebats.com